• Kamis, 8 Desember 2022

SEJARAH MBAH PRIOK JAKARTA, Benarkah Beliau Kakek dari Jindan ?

- Senin, 22 Agustus 2022 | 12:03 WIB
SEJARAH MBAH PRIOK JAKARTA, Benarkah Beliau Kakek dari Jindan ? (wisatajakarta.co.id)
SEJARAH MBAH PRIOK JAKARTA, Benarkah Beliau Kakek dari Jindan ? (wisatajakarta.co.id)

KONTENJATENG.COM- Simak disini informasi tentang sejarah makam dan cerita kedatangan Mbah Priok di Kota Batavia/ Jakarta.

Nama Mbah Priok akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh warganet setelah seorang yang bernama Jindan yang saat ini sedang berselisih dengan Pesulap Merah mengaku sebagai keturunan (cicit) dari Mbah Prioik.

Lalu, bagaimana sejarah Mbah Priok sehingga menjadi salah seorang yang cukup dihormati dan disegani oleh masyarakat Batavia/ Jakarta pada saat itu?

 

Baca Juga: 10 Ciri Orang Terkena Gangguan JIN NASAB Menurut Ustadz Muhammad Faizar

 

Dilansir kontenjateng.com dari laman dinaskebudayaan.jakarta.go.id berikut adalah sejarah makam dan kedatangan Mbah Priok di kota Batavia/Jakarta.

Sejarah Mbah Priok

Mengenai sejarah makam, ada banyak versi. Namun begitu, menurut Buku Saku Kasus Mbah Priok karya Ahmad Sayfi'i Mufid, Robi Nurhadi, dan KH Zulfa Mustofa, sejarawan Ridwan Saidi menyatakan, bahwa Tanjung Priok tidak bisa dikaitkan dengan Mbah Priok.

Nama Tanjung Priok justru terkait Aki Tirem, penghulu atau pemimpin daerah Warakas yang tersohor sebagai pembuat priok (periuk). Sedangkan kata Tanjung merujuk pada kontur tanah yang menjorok ke laut atau tanjung.

Buku itu juga mempertanyakan Risalah Manaqib yang dikemukakan ahli waris Mbah Priok. Dalam risalah tersebut, Mbah Priok disebut sebagai penyiar Islam yang lahir pada 1727 di Palembang dan kemudian pergi ke Batavia setelah dewasa untuk menyebarkan agama Islam.

Halaman:

Editor: Gilang Wicaksono

Sumber: dinaskebudayaan.jakarta.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X