• Rabu, 1 Desember 2021

4 Fakta Alas Purwo yang Memiliki Cerita dan Legenda Mistis

- Rabu, 1 September 2021 | 20:27 WIB
ilustrasi./pixabay
ilustrasi./pixabay

KONTENJATENG.COM-Alas Purwo yang terletak di Kabupaten Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan 'Bapak Alas’ di Tanah Jawa karena terkenal dengan cerita dan legenda mistis yang melekat di sana.

Konon menurut kepercayaan selain di Gunung Tidar, di Alas Purwo juga tempat disimpannya tombak kiyai panjang milik Syekh Subakir.Tombak kyai panjang ini digunakan untuk mengusir para jin yang ada di tanah Jawa.

Alas Purwo juga sering dijadikan sebagai tempat untuk meminta berkah dan kekayaan atau pesugihan kepada para penunggu hutan tersebut. Apalagi ketika malam satu soro, tempat ini banyak orang-orang yang bersemedi di sana. Sekadar mencari wangsit atau mencari ilmu hitam.

Baca Juga: Benarkah Sundel Bolong Hantu Korban Pemerkosaan dan Melahirkan Didalam Kubur? Simak Asal Usulnya

Bagi warga Banyuwangi taman nasional ini memang terkenal sangat angker. Penduduk sekitar meyakini bahwa Alas Purwo terdapat istana jin tempat seluruh setan yang ada di pulau Jawa berkumpul.
Bahkan menurut cerita warga sekitar sudah terbiasa melihat penampakan makhluk halus.

Keunikan Taman Nasional ini memiliki banyak tempat yang dianggap mistik di antaranya adalah.

Baca Juga: Asal Usul Bayi Ambar Atau Bayi Bajang, Benarkah Awah Dari Bayi Aborsi? Simak Penjelasannya

1. Alas Purwo Memiliki Puluhan Gua

Konon katanya tempat inilah merupakan tempat bertemuan Bung Karno dengan penguasa laut selatan Nyi Roro Kidul. Goa inipun dalam cerita rakyat digunakan oleh para raja untuk berkumpul dan bertukar pikiran dan dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Alas Purwo juga dikabarkan mempunyai 40 gua yang masing-masih gua ini selalu ada penghuninya. Mungkin sudah ratusan tahun Alas Purwo berdiri, namun hingga hari ini kemisteriusannya masih belum terpecahkan. Bahkan pamor angkernya tetap terjaga.

Baca Juga: Keranda Terbang Pertanda Wabah Penyakit atau Pertanda Kematian? Simak Penjelasan Om Hao

Buktinya, masih banyak orang yang percaya akan cerita mistis di sini, dan selalu menolak ketika ditantang untuk masuk ke dalamnya.

Halaman:

Editor: Aji Pujantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Begadang Dalam Pandangan Islam

Sabtu, 27 November 2021 | 12:00 WIB
X