• Rabu, 19 Januari 2022

Asal-usul dan Sejarah Peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember, Yuk Simak

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:30 WIB
Asal-usul dan Sejarah Peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember, Yuk Simak/freepk.com/
Asal-usul dan Sejarah Peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember, Yuk Simak/freepk.com/

KONTENJATENG.COM - Berikut adalah asal usul atau sejarah peringatan Hari Ibu Nasional yang di peringati setiap tanggal 22 Desember.

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara Nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Baca Juga: Melihat Wanita Weton Kamis Pon Dari Segi Watak, Sifat dan Karakternya Secara Lengkap

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.

Baca Juga: Melihat Wanita Weton Kamis Pahing Dari Segi Watak, Sifat dan Karakternya Secara Lengkap

Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X