• Kamis, 8 Desember 2022

Menkomarves: Imigrasi Wajah Negeri, Sempurnakan Transformasi Membangun Bangsa

- Sabtu, 12 November 2022 | 21:42 WIB
Menkomarves: Imigrasi Wajah Negeri, Sempurnakan Transformasi Membangun Bangsa
Menkomarves: Imigrasi Wajah Negeri, Sempurnakan Transformasi Membangun Bangsa

KONTENJATENG.COM - Layanan e-VOA merupakan suatu kemajuan yang sejalan dengan membaiknya perekonomian Indonesia di antara negara anggota G20. Demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej saat membuka acara peluncuran Electronic Visa on Arrival (e-VOA) di Nusa Dua, Bali pada Kamis (10/11/2022).

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Ia mengatakan, e-VoA menjadi sebuah terobosan dalam memudahkan investasi asing untuk masuk ke Indonesia.

“Ini menjadi awal yang baik yang perlu disempurnakan. Imigrasi menjadi wajah Indonesia. Dunia sedang melihat Indonesia dengan cara yang berbeda karena sedang terjadi transformasi yang luar biasa di sini”, ungkap Menkomarves.

Baca Juga: Pelayanan Cepat dan Terbaik Merupakan Wujud Bela Negara Jasa Raharja

Warga Negara Asing dapat mendaftarkan permohonan e-VoA melalui aplikasi berbasis website molina.imigrasi.go.id. Setelah mengisi form permohonan, mereka dapat langsung meneruskan ke halaman pembayaran dan melakukan transaksi secara online menggunakan kartu kredit atau kartu debit berlogo Visa, Mastercard, atau JCB. Setelah melakukan pembayaran, permohonan e-VoA akan diverifikasi oleh petugas dan jika disetujui maka dikirimkan kepada orang asing melalui aplikasi. Selanjutnya Orang Asing cukup mengunduh e-VOA yang telah disetujui dan menunjukkannya di Tempat Pemeriksaan Imigrasi saat masuk Wilayah Indonesia.

Terdapat 46 negara yang sudah dapat mengajukan e-VOA di tahap awal penerapan
kebijakan ini. Negara-negara tersebut antara lain: Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Austria, Belanda, Belgia, Brazil, Ceko, China, Denmark, Finlandia, Hongaria, India, Inggris, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman.

Baca Juga: Tampah Jowo Sukirah, Resto Tema Tradisional di Kota Semarang Nostalgia Masakan Desa

Selanjutnya adalah Kanada, Korea Selatan, Lithuania, Malaysia, Maroko, Meksiko, Mesir, Norwegia, Oman, Polandia, Portugal, Prancis, Rumania, Rusia, Selandia Baru,
Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Timor Leste, Tunisia, Turki, Ukraina, Uni
Emirat Arab, Yunani.

Ada enam Bandar Udara yang melayani e-VoA, yaitu:

Juanda, Surabaya; Kualanamu, Medan; Ngurah Rai, Bali; Sam Ratulangi, Manado;
Soekarno-Hatta, DKI Jakarta; Yogyakarta, Yogyakarta

Halaman:

Editor: Ibnu Fajar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PR Leader Pegadaian Borong Penghargaan PR Indonesia

Selasa, 15 November 2022 | 13:43 WIB
X