• Kamis, 8 Desember 2022

Presiden Tegaskan Sukarno Pahlawan Nasional, Benny BPIP Lega Sejarah Telah Diluruskan

- Rabu, 9 November 2022 | 17:06 WIB
Presiden Tegaskan Sukarno Pahlawan Nasional, Benny BPIP Lega Sejarah Telah Diluruskan
Presiden Tegaskan Sukarno Pahlawan Nasional, Benny BPIP Lega Sejarah Telah Diluruskan

KONTENJATENG.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan gelar kepahlawanan Bung Karno yang bersih dari keterlibatannya dalam peristiwa G30S. Pernyataan tersebut disampaikan dalam keterangan pers Hari Pahlawan, (7/11) di Istana Negara.

Sebelumnya, Bung Karno kerap dituduh berkomplot dalam peristiwa G30S. Sehingga lahirlah Tap MPRS No. XXXIII/MPRS/1967 tentang Pencabutan Kekuasaan Pemerintahan Negara dari Presiden Sukarno.

Namun, fakta sejarah berkata lain. Pada 2003, lahir Tap MPR No. I/MPR/2003 yang menyatakan Tap MPRS sebelumnya tidak berlaku lagi karena bersifat final maupun telah dilaksanakan. Hingga akhirnya, tahun 1986 dan 2012, Pemerintah telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional Proklamator kepada Bung Karno.

Baca Juga: Sebuah Akun Twitter Sebarkan Foto Pemeran Wanita Video Mesum Kebaya Merah Viral TikTok, Berikut Ulasannya !!

“Artinya, Ir. Sukarno telah dinyatakan memenuhi syarat setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara yang merupakan syarat penganugerahan gelar kepahlawanan”, tegas Jokowi.

Presiden RI ke-7 itu juga menekankan, penganugerahan gelar kepahlawanan merupakan upaya Bangsa Indonesia untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para Pahlawan terdahulu.

“Hal ini merupakan bukti pengakuan dan penghormatan negara atas kesetiaan dan jasa-jasa Bung Karno terhadap bangsa dan negara, baik sebagai pejuang dan Proklamator Kemerdekaan maupun Kepala Negara di saat Bangsa Indonesia sedang berjuang membangun persatuan dan kedaulatan negara”, tegas Jokowi.

Baca Juga: PIALA DUNIA 2022: Prancis Dijagokan Raih Juara!

Menanggapi pernyataan Presiden Jokowi, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Dr. Antonius Benny Susetyo, Pr. mengatakan, sejarah telah diluruskan kembali bahwa Bung Karno terbukti tidak pernah mengkhianati Bangsa Indonesia.

“Pengakuan Pak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia memberikan sebuah kelegaan. Kita harus mengakui Sukarno-Hatta itu Bapak Bangsa dan Sukarno berperan dalam memerdekakan kita”, ungkap Benny.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PR Leader Pegadaian Borong Penghargaan PR Indonesia

Selasa, 15 November 2022 | 13:43 WIB
X