• Jumat, 3 Desember 2021

Forum Anak Kecamatan Gunungpati Pelopori Musrenbang Anak di Kota Semarang

- Minggu, 28 Februari 2021 | 19:10 WIB
IMG-20210228-WA0015
IMG-20210228-WA0015

SEMARANG, Kontenjateng.com - Partisipasi anak adalah keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.

Anak perlu dilibatkan dalam pengambilan keputusan baik di lingkungan terkecil yaitu keluarga, di sekolah atau bahkan dalam rencana pembangunan daerah untuk mewujudkan kota yang layak bagi mereka.

Karenanya, Pemerintah Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang menginisiasi mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Anak, di mana semua peserta Musrenbang ini adalah anak-anak.

Direktur Pendidikan Yayasan Anantaka Semarang, Tsaniatus Solihah mengapresiasi Musrenbang anak yang diinisiasi Pemerintah Kecamatan Gunungpati tersebut. Yayasan Anantaka yang konsen terhadap pemenuhan hak anak, siap memfasilitasi Musrenbang Anak di Kota Semarang.

"Ini adalah pra Musrenbang yang dikemas khusus untuk anak sehingga anak-anak bisa mengidentifikasi persoalan di lingkungannya dan memberikan pandangannya. Ini merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah Kecamatan Gunungpati dalam memberikan ruang partisipasi anak," kata Ika, sapaannya, Minggu (28/2/2021).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X