• Kamis, 8 Desember 2022

Peraturan Baru Kapolri 2022 Tentang Pembuatan SIM, Lebih Mudah Dan Murah

- Kamis, 3 November 2022 | 19:24 WIB
Peraturan Baru Kapolri 2022 Tentang Pembuatan SIM, Lebih Mudah Dan Murah
Peraturan Baru Kapolri 2022 Tentang Pembuatan SIM, Lebih Mudah Dan Murah

KONTENJATENG.COM - Dalam rangka meningkatkan kulitas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo resmi menerbitkan aturan baru perihal penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui Surat Terlegram (ST). Peraturan tersebut bertujuan untuk menghindari pungli.

Dilansir dari berbagai sumber, isi surat telegram yang di terbitkan oleh Kapolri Nomor: ST/2387/X/YAN. 1.1./2022 per tanggal 31 Oktober 2022 ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri

Kapolri menegaskan bahwa untuk kepala seluruh personel tidak memungut biaya apapun pada pelayanan penerbitan selain pungutan biaya BPNP SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri.

Selain itu terdapat beberapa aturan baru untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yakni:

Baca Juga: VIRAL! Video Maling Ketiduran Tertangkap Polisi DI Blora, Simak Kronologinya Dan Link Video Dibawah

Warga boleh ujian SIM ulang di hari yang sama apabila tidak lulus tes pembuatan SIM.

Meski dibolehkan untuk melakukan ujian SIM ulang di hari yang sama, ada sejumlah aturan yang harus diikuti. Salah satunya adalah, warga hanya diperbolehkan ujian SIM ulang sebanyak dua kali di hari yang sama.

Jika tidak melakukan ujian ulang SIM di hari yang sama, warga boleh melaksanakannya di hari lain asalkan masih dalam rentang waktu 14 hari kerja sejak dinyatakan tidak lulus.

"Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat langsung melaksanakan ujian ulang pada hari itu juga atau dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus," kata Listyo Sigit dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Halaman:

Editor: Tirta J Kumkamdhani

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PR Leader Pegadaian Borong Penghargaan PR Indonesia

Selasa, 15 November 2022 | 13:43 WIB
X