Peduli Pada Budaya Bangsa Jadi Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Presiden

- Senin, 28 November 2022 | 10:38 WIB
Peduli Pada Budaya Bangsa Jadi Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Presiden
Peduli Pada Budaya Bangsa Jadi Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Presiden

KONTENJATENG.COM - Ribuan warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden. Mereka adalah warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kabupaten Semarang.

Para relawan yakin bahwa Ganjar adalah sosok yang paling tepat memimpin bangsa. Ganjar dinilai memiliki beberapa kelebihan, salah satunya sangat peduli pada budaya bangsa.

Baca Juga: LINK VIDEO SYUR DENISE CHARIESTA DI TELEGRAM DIBURU NETIZEN, ANDA SUDAH NONTON?

Ketua Des Ganjar Kabupaten Semarang Ervin Evendi mengatakan, semangat melestarikan budaya selalu digelorakan oleh Ganjar saat memimpin Jawa Tengah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Ervin menyebut Ganjar kerap ikut menari saat adanya pertunjukan tari tradisional di wilayahnya.

Kecintaan Ganjar pada budaya Indonesia pun tercermin dalam kebijakan yang dibuatnya. Misalnya, Ganjar mewajibkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng untuk mengenakan pakaian adat nusantara ketika bekerja pada Hari Kamis. Langkah itu kemudian diikuti oleh beberapa daerah yang juga menerapkan kebijakan serupa.

Baca Juga: Film Like and Share, Arawinda Kirana dan Aurora Ribero Speak Up Korban Kekerasan Seksual

"Ada teladan dari Pak Ganjar Pranowo. Beliau memberi contoh kepada kita, yakni setiap satu pekan (Kamis) sekali beliau mengajarkan kita untuk memakai seragam adat. Itu menjadi salah satu motivasi kita untuk selalu menjaga budaya kita agar menjadi negara yang kuat," kata Ervin, Minggu (27/11/2022).

Hal ini menjadi inspirasi dan latar belakang bagi para relawan Des Ganjar yang menyelenggarakan acara kesenian berupa pentas kuda lumping di Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Para penampil merupakan pelaku seni dari berbagai paguyuban kuda lumping di Kabupaten Semarang.

Baca Juga: VIDEO SYUR DENISE CHARIESTA 38 MENIT JADI TRENDING TOPIC TWITTER, Denise : Itu Video Endorse Sandal !!

Ervin menyebut, pentas kuda lumping tersebut digelar juga untuk melestarikan budaya warisan leluhur. Menurut dia, hal itu sangat penting dilakukan karena saat ini Indonesia banyak mengalami gempuran budaya asing yang menggerus nilai-nilai budaya lokal.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Kelola Rusunawa di Jogja Layak Dicontoh

Sabtu, 31 Desember 2022 | 00:25 WIB

WOW!! Desa Banyubiru Jadi Percontohan Desa AntiKorupsi

Jumat, 30 Desember 2022 | 23:40 WIB

PMI Gelar Apel Relawan 2022

Senin, 26 Desember 2022 | 22:10 WIB

Rayakan Natal bersama Forkompinda Jateng

Senin, 26 Desember 2022 | 20:50 WIB
X