• Kamis, 8 Desember 2022

Tim Pengabdian Masyarakat Gelar Pelatihan Simulasi Arduino untuk Siswa SMA

- Minggu, 20 November 2022 | 20:06 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat Gelar Pelatihan Simulasi Arduino untuk Siswa SMA
Tim Pengabdian Masyarakat Gelar Pelatihan Simulasi Arduino untuk Siswa SMA

KONTENJATENG.COM - Sebanyak enam belas siswa MAN 1 Kota Semarang mengikuti pelatihan simulasi arduino menggunakan aplikasi arduino dan proteus yang digelar oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang dilaksanakan di ruang Multimedia MAN 1 Kota Semarang pada Sabtu, 19 November 2022.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala MAN 1 Kota Semarang Tasimin yang didampingi oleh Wakil Kurikulum serta pembina ekstra kulikuler Robotik Aris Fakhrudin, ini diselenggarakan atas kerja sama Fakultas Sains dan Matematika (FSM). Tim FSM UNDIP terdiri dari beberapa dosen yaitu Jatmiko Endro Suseno, Sumariyah, Catur Edi Widodo, dan Isnain Gunadi serta sepuluh mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

Baca Juga: TERBARU !! Link Streaming Video Mesum Kebaya Merah Viral 16 Menit Tanpa Sensor di Telegram Jadi Buruan Netizen

Dalam sambutan pembukaan, Tasimin berharap kegiatan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi para siswa yang tergabung dalam ekstra kulikuler Robotik dan menjadi motivasi untuk terus berprestasi bagi para siswa.

“Saya berharap setelah diadakannya pelatihan rutin yang digelar oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Sains dan Matematika dari Universitas Diponegoro kepada para siswa ekstra kulikuler Robotik MAN 1 Kota Semarang dapat menjadi cikal bakal lebih baik bagi para siswa dan siswi kami, serta semakin memajukan ekstra kulikuler Robotik yang selalu berprestasi guna mengharumkan nama MAN 1 Kota Semarang,” ungkap Tasimin.

Baca Juga: Link Download MediaFire Video Mesum Kebaya Merah Viral TikTok dan Twitter Lagi Heboh Diburu di Media Sosial

Menurut Jatmiko Endro Suseno bahwa dengan diberikannya pelatihan penggunaan arduino menggunakan aplikasi Proteus lebih memudahkan para siswa untuk memahami dan melakukan simulasi sebelum merealisasikannya.

“Aplikasi proteus menyediakan berbagai fitur dan opsi untuk melakukan pemrograman pada arduino, penggunaannya pun mudah dipahami. Mulai dari penggunaan board arduino, mengubungkan board dengan led ataupun sensor-sensor lainnya. Seperti memberikan gambaran yang jelas sebelum merealisasikannya secara nyata dan menghindari adanya error yang terjadi pada pemrograman,” tutur Jatmiko Endro Suseno.

Baca Juga: Kejati Jateng Diduga Salah Tangani Perkara Kredit, Kamaruddin Minta Audit Investigasi Komisi Kejaksaan

Pada pelatihan tersebut para siswa diberikan kesempatan melakukan praktek menggunakan laptop terhadap modul yang diterangkan oleh para dosen Fakultas Sains dan Matematika, dibantu oleh para mahasiswa yang membantu para siswa.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Tags

Terkini

FTP USM - SMK Negeri 1 Kedung Jepara Jalin Kerjasama

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:27 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:43 WIB
X