• Selasa, 31 Januari 2023

Upaya Pelestarian Tradisi, DPRD Jateng Akan Gelar Pagelaran Tari Tradisional Ndolalak

- Kamis, 10 Februari 2022 | 12:18 WIB
Upaya Pelestarian Tradisi, DPRD Jateng Akan Gelar Pagelaran Tari Tradisional Ndolalak
Upaya Pelestarian Tradisi, DPRD Jateng Akan Gelar Pagelaran Tari Tradisional Ndolalak

KONTENJATENG.COM - DPRD Jawa Tengah akan menggelar pagelaran Tari Tradisional Ndolalak dalam rangkaian acara 'Dialog Media Tradisional/ Dialog Metra pada Sabtu 12 Februari 2022. Pagelaran Tari juga akan dibareng dengan dialog Kebudayaan.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko menegaskan, kesenian tradisional merupakan salah satu sarana hasil dari cipta rasa dan karsa manusia di daerah, sehingga kesenian tradisional juga bisa menjadi suatu identitas tersendiri dari daerah tersebut.

Sebagai contoh tarian Ndolalak yang merupakan identitas kesenian masyarakat Purworejo yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Baca Juga: Link Pendaftaran dan Jadwal Vaksin Dosis 2 dan Booster Dosis 3 di Jogja Bulan Februari 2022, Catat Tanggalnya!

Tari Ndolalak merupakan sejarah dari Kabupaten Purworejo yang menggambarkan tentang perilaku serdadu kolonial Belanda ketika beristirahat di CAMP mereka saat masa penjajahan.

"Pada saat istirahat itu para serdadu Belanda kemudian melakukan pesta dan berdansa. Aktivitas tersebut kemudian ditiru oleh orang pribumi dan terciptalah gerakan sederhana dan berulang-ulang yang kemudian dinamakan tari Ndolalak. Nama Ndolalak diambil dari tangga nada DO dan LA karena awalnya tarian ini hanya diiringi nada do dan la," katanya.

Butuh peran pemerintah daerah dan kesadaran masyarakat untuk melestarikan kesenian tradisional semacam Tari Ndolalak ini. Keberhasilan pelestarian kesenian tradisional sangat ditentukan oleh kemampuan pemerintah daerah bersama dengan DPRD, dalam merumuskan program dan kebijakan yang langsung bersentuhan dengan kelompok kelompok kesenian yang terbentuk.

Baca Juga: Link MP3 Juice Terbaru 2022 Ada Fitur Convert Gratis, KLIK DISINI!

"Dan juga peran serta dari pemerintah daerah dalam membantu menunjang sarana prasarananya," katanya.

Pembinaan terhadap kelompok seni tradisional sangat diperlukan dalam usaha melestarikan kesenian tradisional.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Sumber: DPRD Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengintip Rapinya Pengelolaan Museum HM. Soeharto

Jumat, 30 Desember 2022 | 07:10 WIB

INGAT!! Jalak Bali Perlu Kembali ke Habitatnya

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:10 WIB

KARANGANYAR GUDANGNYA SENI TRADISIONAL

Senin, 31 Oktober 2022 | 14:25 WIB

Kaum Muda Jangan Malu Jadi Petani !!

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:55 WIB
X