• Selasa, 31 Januari 2023

PENILAIAN AKHIR SEMESTER Kelas 7 SMP MTS Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Semester 1 Format PDF

- Senin, 5 Desember 2022 | 09:12 WIB
contoh PDF soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1. (Pixabay)
contoh PDF soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1. (Pixabay)

KONTENJATENG.COM- Berikut ini kami sajikan contoh soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1 dengan format PDF.

Contoh soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1 dengan format PDF yang tersaji pada artikel ini hanya sebagai bahan referensi belajar peserta didik di rumah atau guru yang hendak membuat soal.

Anda bisa mendapatkan file PDF secara lengkap contoh soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1 dengan mengikuti tautan link download yang ada pada artikel ini.

Baca Juga: PDF, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester 1 Mapel BAHASA INGGRIS Kelas 7 SMP MTs

Dirangkum kontenjateng.com dari berbagai sumber, simak berikut ini contoh soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs semester 1 dengan format PDF.

Soal PAS Bahasa Indonesia kelas 7 SMP MTs semester 1

I. Berilah tanda silang pada huruf A, B, C, atau D yang kau anggap benar!
Bacalah teks deskripsi berikut!

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adanya yang unik dan cantik. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang. Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan pelitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai arsitek yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.

Soal nomor 1 s/d 6 berkaitan dengan teks di atas.

Halaman:

Editor: Gilang Wicaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X