• Rabu, 1 Desember 2021

KIP Kuliah, Cara Pendaftaran Hingga Besaran Bantuan

- Senin, 20 September 2021 | 09:24 WIB
Tangkapan Layar Laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
Tangkapan Layar Laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

KONTENJATENG.COM - Mengenyam pendidikan tinggi adalah mimpi semua anak di Indonesia. Dahulu pemerintah mewajibkan wajib belajar 9 tahun, kemudian wajib belajar 12 tahun, dan kini melanjutkan pendidikan di bangku kuliah juga ramai-ramai dilakukan anak-anak Indonesia.

Kesadaran pentingnya pendidikan sampai ke perguruan tinggi nampaknya sudah mulai besar. Terbukti jumlah mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di perguruan negeri, kedinasan, maupun perguruan tinggi swasta selalu naik tiap tahun.

Menyikapi fenomena tersebut pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) 2021. Tahun ini Kemendikbudristek bakal membagikan 200.000 KIP-K.

Baca Juga: Primbon Jawa : 5 Weton Yang Paling Disayang Dewi Rezeki, Apakah Weton Kamu Temasuk ?

KIP kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan.

Tidak hanya itu, mulai tahun akademik 2020/2021 pemilik KIP kuliah juga akan mendapat bantuan biaya hidup yang besarannya berbeda-berbeda.

Dikutip dari laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id, pendaftaran KIP-K dimulai dimulai 8 Februari sampai 31 Oktober 2021. Bantuan pendidikan dari pemerintah ini merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). KIP-K ditujukan untuk siswa yang tidak mampu namun memiliki potensi akademik yang baik.

Baca Juga: Prediksi Ramalan Tarot Harian Senin 20 September 2021 : Virgo, Aries dan Taurus

Cakupan pembiayaan KIP Kuliah 2021

1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing- masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)

2. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi

3. Bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Posyandu Satelit Bantu Deteksi Dini Stunting

Selasa, 9 November 2021 | 01:03 WIB
X