• Minggu, 24 September 2023

Sekolah Swasta Diwacanakan Masuk Sistem PPDB

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:45 WIB
Arsip Foto. Pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di sekolah di Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA)
Arsip Foto. Pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di sekolah di Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA)

 

KONTENJATENG.COM – Persoalan pemerataan pendidikan masih menjadi PR pemerintah.

Seperti sistem yang sudah berjalan sekarang, Sistem Zonasi, masih menjadi perdebatan.

Baca Juga: JANGAN BERLEBIHAN MEMUJI ANAK !! Berikut Alasannya

Dalam hal ini, DPRD Jateng meminta Pemprov Jateng untuk merancang desain besar (grand design) dari pola pendidikan terutama pada masalah pemerataan sekolah yang berkualitas.

Karena, acap kali keberadaan sekolah berkualitas menjadi sebuah kebutuhan mendesak saat penerimaan siswa baru.

Baca Juga: DAFTAR UNIVERSITAS TERBUKA, PTN dengan Biaya Terjangkau

Pembahasan tersebut menjadi topik hangat dalam acara dialog 'Aspirasi Jateng' dengan tema 'Desain Pendidikan Menengah Pasca PPDB 2022' yang disiarkan Stasiun TATV Kota Surakarta, belum lama ini.

Dalam dialog itu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat terutama di daerah pinggiran.

Baca Juga: MAU TAHU BAGIAN PENTING BOROBUDUR ? Simak Ulasannya Disini

Selaku narasumber, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid mengakui jumlah sekolah menengah belum sebanding dengan penduduk.

Akibatnya, masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran kesulitan mendapatkan sekolah negeri. Di sisi lain, pola PPDB mensyaratkan sistem zonasi wilayah.

Baca Juga: AYO, DAFTAR UNIVERSITAS TERBUKA 2022 !! Biaya Terjangkau, Simak Ulasannya !!

Narasumber lain, Akademisi dari UIN RM Said Surakarta Elen Indriasari juga menyoroti belum adanya pemerataan sekolah berkualitas, baik itu pada fasilitas maupun SDM pengajar.

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X