Dosen FTP USM Sosialisasikan Potensi Pangan Fungsional Albedo Semangka

- Selasa, 6 Desember 2022 | 12:58 WIB
Dosen FTP USM Sosialisasikan Potensi Pangan Fungsional Albedo Semangka
Dosen FTP USM Sosialisasikan Potensi Pangan Fungsional Albedo Semangka

KONTENJATENG.COM - Sebanyak 36 siswa-siswi kelas XI Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri H. Moenadi Ungaran mengikuti sosialisasi potensi pangan fungsional albedo semangka dan aplikasinya pada pengolahan pangan oleh Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) baru-baru ini.

Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian FTP USM ini terdiri dari Dr. Ir, Bambang Kunarto, MP, Iswoyo, SPt., MP, dan Dr. Ir. Rohadi, MP. Topik pembuatan yogurt disampaikan oleh Dr. Ir, Bambang Kunarto, MP; Pembuatan selei disampaikan oleh Iswoyo, SPt., MP. dan pembuatan jelly drink oleh Dr. Ir. Rohadi, MP.

Baca Juga: Kembali Gelar Giat Paspor Simpatik Si Semar Lembur, Imigrasi Semarang Mudahkan Pelayanan untuk Masyarakat

Pada kegiatan ini juga tunjukkan cara pembuatan yogurt, selai dan jelly drink berbasis albedo semangka yang dipraktekkan oleh mahasiswa FTP USM yaitu Evi Windi Setyawati, Elfin Putra Sanjaya dan Nurul Khafidhotun Nabila.

Menurut Dr Bambang Kunarto albedo semangka adalah limbah pada pengolaan semangka yang terdapat sekitar 36% dari total buah semangka.

Selama ini albedo semangka tidak banyak digunakan oleh masyarakat, padahal beberapa nutrisi seperti protein, kalium, kalsium, vitamin A dan vitamin C kadarnya justru lebih tinggi dalam albedo semangka dibandingkan daging buahnya.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Jawa Tengah Bantu Korban Terdampak Banjir di Kabupaten Pati

“Kadar senyawa citrulin albedo semangka (15,6 mg/g) juga lebih tingg dariada daging buahnya (7,90 mg/g). Citrulin adalah senyawa asam amino yang di dalam tubuh diubah menjadi Arginin, yang merupakan prekusor dari nitric oxide yang berperan dalam mengatur tekanan darah pembuluh arteri. Aktivitas antioksidan albedo semangka (IC50 =14,73 mg/L) juga lebih tinggi dibandingkan daging buah semangka (IC50 = 16,62 mg/L),” ungkapnya.

Sugiarto, S.TP Selaku Ketua Jurusan APHP SMK Negeri H. Moenadi mengatakan bahwa pengolahan hasil pertanian merupakan salah satu penyangga kebutuhan pangan bagi manusia selama dunia masih ada dan kita perlu melakukan inovasi kreasi untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan salah satunya menanfaatkan albedo semangka menjadi yogurt patut kita apresiasi.

Baca Juga: Episode 4 Serial Kupu Malam, Akankah Raffi Bisa Menerima Masa Lalu Laura? Klik Link Resmi Nonton Disini !!!

Halaman:

Editor: Arif Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X